IRMA ERIKA HERAWATI, - and N. KINTAN MARLIANA, - and AFFRIANI RATNA PUSPITA, - and BAYU NINGRAT, - and KARLINA YULIA, - and FIRA MOZZA OCTORA, - and NURKHOLIS DAUD, - and KRISDI YUNDINA, - (2021) Efektivitas Pendampingan Belajar Keagamaan Di Desa Kumpay Kabupaten Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Babakti, 1 (1). pp. 25-28.
![]() |
Text
182-1572-1-PB.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) |
Abstract
Keagamaan merupakan segala sesuatu yang memiliki sifat dalam agama atau yang berhubungan dengan agama. Pelaksanaan kegiatan keagamaan dilakukan di Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Kegiatan pendampingan belajar dilakakukan 2 kali pertemuan selama sebulan. Pendampingan belajar yang dilakukan seperti mengaji, membaca bacaan tajwid, menyanyikan lagu 25 Nabi dan Rasul, membaca Asmaul Husna, menyanyikan 10 malaikat yang wajib diketahui serta bercerita. Tujuan dilakukannya program kerja ini yaitu untuk membantu anak sekolah dalam hal belajar keagamaan untuk lebih memahami dan mengerti hukum bacaan tajwid, memahami betapa pentingnya menghafal 25 Nabi dan Rasul, memahami tugas-tugas malaikat, memahami rukun iman dan rukun islam serta belajar menghafal Asmaul Husna. Hasil yang diperoleh bahwa anak-anak di Desa Kumpay jaman sekarang belum mengetahui semua materi keagamaan. Maka dengan demikian perlu ada bimbingan dan pengetahuan tentang keagamaan bagi anak, agar anak tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama. Salah satu yang tepat untuk menciptakan kepribadian anak yang bernuansa agamis, akan kuat ketauhidanya, senang menjalankan ibadah dan berakhlakul karimah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengabdian, pendampingan, belajar, keagamaan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Pengabdian |
Depositing User: | Irma Erika - - |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 05:04 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 05:04 |
URI: | http://repository.stfi.ac.id/id/eprint/2601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |