REVIEW: KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT

ZAKIYATUL SA’DIYAH, - (2020) REVIEW: KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia.

[img] Text
S_PSSF_A161039_Title.pdf

Download (862kB)
[img] Text
S_PSSF_A161039_Chapter1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
S_PSSF_A161039_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
S_PSSF_A161039_Chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
S_PSSF_A161039_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
S_PSSF_A161039_Chapter5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
S_PSSF_A161039_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
Official URL: https://repository.stfi.ac.id/

Abstract

Pelayanan farmasi merupakan salah satu jenis pelayanan rumah sakit yang minimal wajib disediakan oleh rumah sakit dan tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Salah satu indikator untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan adalah pengukuran kepuasan pengguna jasa kesehatan. Terdapat lima dimensi kualitas jasa untuk melihat kepuasan konsumen atau pasien yang dikenal dengan nama ServQual. Kelima dimensi tersebut meliputi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangible). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit menurut standar pelayanan rumah sakit dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka menggunakan data sekunder dengan mengambil 6 judul penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dengan total populasi 60 penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis kualitatif. Hasil penelusuran studi pustaka menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di rumah sakit berdasarkan standar pelayanan ini, 4 dari 6 rumah sakit sudah memenuhi kategori puas. ---- Pharmacy service is one of hospital service type that at least must be provided by the hospital and cannot be separated from the hospital health service system which is patient-oriented. One of indicator to determine the quality of health services is the measurement of health service user satisfaction. There are five dimensions of service quality to see customer or patient satisfaction known as ServQual. Include reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible evidence. The purpose of this study is to determine the level of patient satisfaction towards pharmaceutical services in hospitals according to hospital service standards in the Minister of Health Regulation Number 72 of 2016. This type of research is a literature study using secondary data by taking 6 research titles. Which fulfill the requirement of the inclusion criteria with the total population of 60. The data analysis method used is qualitative analysis. The research result showed that 4 of 6 hospitals were satisfaction with pharmaceutical service service.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, instalasi farmasi rumah sakit. ---- Patient satisfaction, service quality, hospital pharmacy installation.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Program Studi S1 Farmasi
Depositing User: pustakawan - -
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:30
Last Modified: 02 Oct 2024 02:30
URI: http://repository.stfi.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item